Wednesday 30 April 2014

Kelebihan dan Kekurangan Applikasi Portable

Salam Blogger :)
Bagi sebagian orang mungkin, proses mengcopy sebuah program ke komputer dan melakukan instalasi yang lama mungkin dianggap sebagai hal yang membosankan. Apalagi jika instalasi dilakukan pada program aplikasi yang besar. Namun tidak semua aplikasi harus mendapat proses instalasi, karena ada Aplikasi Portable. 



Dalam share Free Software kedepan mungkin di blog ini saya akan share App Portable, knp ? karena App Portable banyak sekali keuntungannya salah satunya File Size nya yg kecil dan Bisa di jalankan di PC mana aja tanpa harus instal terlebih dahulu. Dan pada kesempatan kali ini saya mau kasih tau dulu kelebihan dan kekurangan APP PORTABLE. Oke simak gan penjelasan yg sederhana berikut :



Kelebihan
  • Sangat simple, fleksibel dan ringkas
Keunggulan dan keuntungan pertama menggunakan aplikasi portable adalah kesederhanaan, fleksibilitas dan keringkasannya. Anda bisa membawa kemana pun aplikasi portable menggunakan penyimpanan massal seperti Flash drive, Harddisk eksternal maupun DVD-Rom dan menggunakannya pada berbagai komputer. Tidak perlu menginstal, tidak perlu menunggu proses yang lama. Ini seperti ketika Anda membuka file foto dari Flash drive Anda di sebuah komputer. Anda bisa menutupnya setiap saat.

  • Dapat di copy ke komputer
Sama seperti halnya berbagai file lainnya, aplikasi portable juga bisa di copy ke komputer rekan Anda dari penyimpanan massal. Tidak perlu menyimpan di Local Disk C, Anda bisa menyimpannya di partisi manapun selama itu masih berhubungan dengan komputer. Bahkan selain itu, Anda juga tetap bisa membuat file shortcut untuk diletakan pada dekstop seperti halnya aplikasi non portable untuk pengaksesan lebih cepat.

  • Aplikasi portable browser meningkatkan keamanan
Saat ini developer aplikasi web browser banyak merilis aplikasi mereka dalam versi portable. Tentu ini cukup membantu bagi pengguna internet yang tidak ingin kecolongan data-datanya maupun ingin menghindari dari peretasan. Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan komputer umum dan Anda bisa melakukan browsing dengan web browser portable agar jejak-jejak pengaksesan tidak dapat dilihat oleh orang lain seperti akun email, jejaring sosial, baik alamat email maupun password atau bahkan history.

  • Ukuran kecil
Anda bisa membandingkan aplikasi Photoshop yang secara umum bisa mencapai ratusan MB. Namun dengan Photoshop Portable ukuran file jauh lebih kecil. Tentu bisa menghemat Harddisk Anda dan tidak akan menguras RAM lebih banyak.

  • Aplikasi portable membuat sistem bersih dari Registry
Perlu diketahui bahwa Registry adalah pengganti berkas-berkas konfigurasi. Apabila ada sebuah software yang sudah diinstal pada sistem operasi Windows, maka secara otomatis program tersebut mencatatkan jejaknya pada sistem registry. Inilah mengapa, pada saat proses uninstall dilakukan sebenarnya penghapusan hanya dilakukan pada sebagian file saja serta bukan menghapus semua file hingga bersih. Berbeda jika Anda menggunakan aplikasi portable, karena tidak akan ada Registry mengganggu. Tidak ada proses uninstall karena Anda hanya cukup melakukan delete seperti menghapus file foto biasa.

  • Gratis
Pada umumnya dan kebanyakan, program aplikasi portable tersedia secara gratis. Anda bisa mendapatkannya pada situs distributor portableapps.com. Meski demikian tidak semua aplikasi portable yang beredar adalah resmi. Terkadang ada sebuah program yang “dirombak” menjadi portable oleh pihak tertentu tanpa seijin developer yang bersangkutan.


 Kekurangan


Tidak seperti program aplikasi konvensional, aplikasi portable umumnya tidak begitu lengkap terutama fitur-fiturnya. Kemungkinan karena ukurannya yang kecil.

  • Tidak semua dapat dijalankan
Biasanya untuk aplikasi berukuran mencapai ratusan MB tidak dapat dijalankan langsung dari perangkat penyimpanan massal.

  • Tidak memiliki plugin
Aplikasi portable tentu tidak dapat dipasang tambahan plugin (program komputer yang dirancang untuk menambah fungsionalitas sebuah program utama). Jadi tentu saja aplikasi portable hanya memiliki fitur utama saja.

Applikasi portable Umumnya hanya bisa menjalankan Fitur2 Utama saja(ini umumnya ya,tpi skrng ini byk app portable yg sudah bsa menjalan all fitur), dan menurut saya Fitur2 Utama itu sudah cukup. karena kadang fitur2 tambahan tidaklah begitu berguna. ya kalo orang yg ingin simpel dan tanpa harus instal sana sini utk menggunakan Applikasi2 pentingnya. Dia pasti akan memilih APP Portable.Dan ini sangat berguna utk teman-teman yg mempunyai HDD Eksternal.


#Salam Blogger
#Semoga bermanfaat :)
#Ask? comment :) 

0 comments:

Post a Comment